Minggu, 07 April 2013

Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran


Saat pertama kali menerima murid belajar di tempat les, biasanya saya akan ‘mengujinya’ pengetahuan dasar yang sudah mereka miliki. Bagaimana cara mereka mengerjakan soal-soal perkalian termasuk hafalan perkalian dasar mereka, cara menjumlahkan, konsep pecahan yang mereka pahami dan lain-lain. Ini saya lakukan untuk mendapatkan gambaran sejauh mana pemahaman dan kemampuan matematika masing-masing anak.
Khusus menyangkut pecahan pecahan campuran, saya sering sekali menemukan hal ‘salah kaprah’ seperti ini,
4 ¼ + 2 3/5 = 17/4 + 13/5
  85 /2052 /20
= 137/20 
= 6 17/20
Secara matematis, sebenarnya cara di atas tidak sepenuhnya salah. Hanya  terlalu ‘ribet’  karena melibatkan perhitungan yang banyak dan tidak efisien.
Murid yang datang dengan kasus seperti ini biasanya akan saya bimbing menghitung penjumlahan bilangan campuran dengan memberi contoh sehari-hari misalnya potongan kue. Saya minta dia membayangkan potongan kue sebesar  4 ¼  dan 2 3/5 dan meminta mereka menggabungkannya. Saya lalu membimbing mereka menarik kesimpulan bahwa saat menggabungkan kue tersebut bukan berarti kue tersebut harus saya potong dulu menjadi dua puluh bagian. Bukankah bisa dilakukan dengan menjumlahkan bagian kue yang utuh? Setelah itu menjumlahkan bagian kue yang sudah dipotong hingga menghasilkan perhitungan sebagai berikut :
4 ¼ + 2 3/5 = 4 + 2 + 1/4 + 3/5
=  6 + 5 /2012 /20
= 6 17/20 
Cara ini jauh lebih mudah dan praktis bukan ?

http://pintarmatematika.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar