Minggu, 07 April 2013

Bermain Matematika dengan Ular Tangga


Masa seperti sekarang ini, saat ulangan berakhir, biasanya saya mengisi materi di kelas dengan bermain matematika. Maksudnya jelas, anak tetap belajar tapi dalam suasana santai dan menyenangkan. Tahu sendiri kan, kalau tidak dalam format bermain mereka biasanya akan protes dan ogah belajar.
Pada pertemuan sebelumnya saya sudah memberikan permainan matematika dot do dot dan meminta mereka mewarnainya. Dot to dot pun disesuaikan dengan tingkat kesulitan kelas. Misalnya untuk kelas rendah, hanya membilang urut. Sedangkan untuk kelas yang lebih tinggi, biasanya akan saya sajikan dot do dot bilangan genap, bilangan ganjil atau bilangan loncat tertentu. Bisa juga berupa bilangan prima.
Sebagai pengajar, saya memang harus kreatif. Putar otak, akhirnya ketemu format bermain matematika ala ular tangga. Ya betul, ide sebenarnya dari permainan ular tangga yang biasa dimainkan anak-anak. Hanya kali ini, mereka harus menyelesaikan beberapa soal yang berhubungan dengan matematika.
Sebagaimana permainan dot to dot, saya pun menyesuaikannya dengan tingkatan kelas. Berikut adalah contoh bermain matematika dengan ular tangga untuk tingkatan kelas 2 SD.
Seru kan? Selamat mencoba!



http://pintarmatematika.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar